coecoesm

PELANGGARAN ETIKA BISNIS YANG DILAKUKAN KLINIK METROPOLE

Posted on: Oktober 12, 2014

KASUS BISNIS :

PEMILIK KLINIK METROPOLE DITANGKAP

 

TEMPO.CO, Jakarta – Kepolisian Resor Jakarta Barat menangkap LRD, 67 tahun, pemilik Klinik Pratama Metropole, Tamansari, Jakarta Barat. Penangkapan itu terkait dengan kasus malpraktek yang diduga terjadi di Klinik Metropole.

“Tersangka merupakan pencari dana dan orang yang membangun struktur perusahaan klinik ini,” kata Kepala Unit Reserse Kriminal Khusus Polres Jakarta Ajun Komisaris Victor Inkiriwan di kantornya, Sabtu, 4 Oktober 2014. “Dia kami tahan Jumat, 3 Oktober kemarin di sebuah apartemen di Cengkareng Timur.”

Klinik Metropole yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Selatan Nomor 38, Pinangsia, diduga melakukan praktek medis ilegal. Kasus malpraktek ini mencuat setelah sejumlah pasien membuat pengakuan melalui situs jejaring sosial facebook pada pertengahan September lalu.

Klinik itu sebenarnya sudah disegel Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada 29 Agustus lalu. Kemudian pada 12 September 2014, Sudin Kesehatan Jakarta Barat mencabut izin operasi klinik. Apalagi banyaknya testimoni pasien yang mengaku dirugikan akibat praktek pengobatan di klinik tersebut.

Atas dasar testimoni itulah Polres Jakarta Barat berinisiatif membentuk tim khusus untuk menyelidiki kasus ini. “Kami mendatangi lokasi dan memanggil orang-orang yang terlibat,” kata Victor. Polisi sempat kesulitan karena sejak penyegelan oleh Sudin dan Dinas Kesehatan pada akhir Agustus, para dokter dan pegawai klinik ini telah melarikan diri.

Polisi lalu menahan JP, 52 tahun, dan seorang dokter ERM, 40 tahun, yang menjadi pengelola klinik ini. JP, kata Victor, merupakan Direktur Utama PT SAI, perusahaan yang mengelola klinik. “Dia berperan mengurus izin klinik dan sehari-hari mengurusi manajemen klinik itu.” Sementara ERM yang merupakan seorang dokter adalah kepala klinik yang bertanggung jawab terhadap segala hal terkait dengan praktek medis dan obat-obatan di Klinik Metropole. “Dari pengakuan mereka kami kemudian mendeteksi keberadaan LRD.” Klinik Metropole bisa beroperasi dan mendapat izin dari Sudin Kesehatan Jakarta Barat atas dasar surat izin praktek dokter ERM. “Dia yang jadi penanggung jawabnya,” kata Victor. Tapi pada kenyataannya praktek di klinik ini sangat ganjil. Mereka disinyalir melakukan penipuan dengan modus praktek medis yang seharusnya dilakukan rumah sakit. Mereka juga menjual obat-obatan yang tak punya izin edar di Indonesia.

Salah satu modus penipuan yang dilakukan klinik ini ialah membuka layanan pemeriksaan kandungan menggunakan alat ultrasonografi atau USG dengan tarif Rp 50 ribu. “Promosi ini yang membuat banyak warga, terutama perempuan, tertarik memeriksakan diri ke klinik itu,” Victor menjelaskan. Tapi anehnya setiap pasien yang di-USG, dokter selalu menyebutkan bahwa setiap pasien menderita penyakit, seperti kista, mioma, bahkan kanker serviks.

Saat ini polisi masih memburu tiga tersangka lain, yakni SEN, SONG, dan LI yang merupakan warga negara asing. “Mereka berperan sebagai dokter, tapi setelah kami cek ke Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, maupun Konsul Dokter Indonesia, ketiga buronan ini tak pernah mengurus izin dan surat rekomendasi praktek,” kata Victor.

 PRAGA UTAMA

 

PEMBAHASAN TEORI

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi dan perilaku bisnis (velasquez, 2005).

Ciri bisnis yang beretika :

  1. Tidak merugikan siapun
  2. Tidak menyalahi aturan – aturan dan norma yang ada
  3. Tidak melanggar hokum
  4. Tidak menjelek-jelekan saingan bisnis
  5. Mempunyai surat izin usaha

Prinsip – prinsip etika bisnis :

  1. Prinsip otonomi

Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk bertindak berdasarkan kesadarannya sendiri. Bertindak secara otonom mengandaikan adanya kebebasan mengambil keputusan dan bertindak menurut keputusan itu. Otonomi juga mengandaikan adanya tanggung jawab. Dalam dunia bisnis, tanggung jawab seseorang meliputi tanggung jawab terhadap dirinya sendiri, pemilik perusahaan, konsumen pemerintah, dan masyarakat.

2. Prinsip kejujuran

Prinsip kejujuran meliputi pemenuhan syarat – syarat perjannjian atau kontrak, mutu barang atau jasa yang ditawarkan, dan hubungan kerja dalam pperusahaan. Prinsip ini paling problematic karena masih banyak pelaku bisnis melakukan penipuan.

3. Prinsip tidak berbuat jahat dan berbuat baik

Prinsip ini mengarahkan agar kita secara aktif dan maksimal berbuat baik atau menguntungkan orang lain, dan apabila hal itu tidak bisa dilakukan, kita minimal tidak melakukan sesuatu yang mmerugikan orang lain atau mitra bisnis.

4. Prinsip keadilan

Prinsip ini menuntut agar kita memberi apa yang menjadi hak seseorang dimanaprestasi di balas dengan kontra prestasi yang sama nilainya.

 

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Maka dilihat dari berita diatas, maka saya dapat menuliskan beberapa pelanggaran etika bisnis yang dilakukan oleh Klinik Metropole, yaitu :

  1. Melakukan pratek medis ilegal
  2. Melakukan penipuan dengan modus praktek medis yang seharusnya dilakukan oleh rumah sakit
  3. Menjual obat-obatan yang tidak memiliki izin edar di Indonesia
  4. Pasien yang datang berobat atau chekup selalu dikatakan memiliki penyakit berat
  5. Kemudian dokter di klinik metropole tidak memiliki atau tidak mengurus izin dan surat rekomendasi praktek.

Tentu saja dilihat dari semua pelanggaran yang disebutkan diatas, maka klinik metropole memang klinik yang sangat melanggar etika bisnis dan melawan prinsip – prinsip etika bisnis. Dimana dijelaskan dari berbagai sisi prinsip :

  1. Prinsip otonomi

Sikap dari pelaku – pelaku di klinik tersebut sangat lah tidak manusiawi, dimana para dokter dengan seenaknya menipu pasien dengan mendiagnosa bahwa mereka (pasien) memiliki penyakit berat yang mengharuskan merek harus segara melakukan operasi. Dimana mereka sedikit pun tidak memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan pasiennya, dan hanya mementingkan materi dari profesi mereka. Yang seharusnya bahwa seorang dokter adalah seorang yang sudah dimintai janji agar mereka membantu para pasien dengan sebaik – baiknya dan sebenar – benarnya.

  1. Prinsip kejujuran

Klinik tersebut sangatlah tidak memiliki prinsip kejujuran, yang dilakukan hanyalah menipu banyak pasien yang datang, klinik tersebut hanya sekedar untuk mengumpulkan keuntungan saja.

  1. Prinsip tidak berbuat jahat dan berbuat baik

Banyak sekali kejahatan yang dilakukan oleh klinik tersebut, seperti mengedarkan obat yang tidak memiliki izin edar di Indonesia, melakukan penipuan dengan modus praktek medis, pasien yang sehat selalu dikatakan memiliki penyakit berat dan dokter yang melakukan praktek pun tidak memiliki surat izin dan surat rekomendasi praktek. Dan dari itu semua terlihat jelas bahwa klinik tersebut, klinik yang benar – benar melanggar etika bisnis dan klinik yang jahat.

  1. Prinip keadilan

Sangatlah tidak adil keselamatan dan kesehatan para pasien menjadi mainan di klinik tersebut, hanya demi untuk mendapatkan keuntungan yang besar para dokter berani membedah pasien yang sehat yang kemudian nantinya akan terjadi masalah kesehatan pada pasien tersebut. Tidak perduli apa yang akan dihadapi para pasien ke depannya para dokter terus saja gencar melakukan penipuan medis. Seharusnya bahwa pasien berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik dan benar, dan mengetahui tentang kesehatan sebenarnya bukan dilakukan pembohongan diagnosa penyakit dan dengan seenaknya menyuruh harus segera melakukan tindakan operasi.

Sumber :

http://www.tempo.co/read/news/2014/10/04/064611957/Malpraktik-Pemilik-Klinik-Metropole-Ditangkap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Oktober 2014
S S R K J S M
« Jun   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

RSS BERITA GUNADARMA

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: