coecoesm

KARANGAN ILMIAH

Posted on: April 27, 2014

Pendahuluan

Dalam penulisan karangan ilmiah terdapat macam-macam jenis karangan ilmiah sesuai dengan bentuk dan fungsinya. Karangan ilmiah sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, teruma bagi orang yang menjalani studi pendidikan formal.

Banyak jenis karangan ilmiah yang menjadi syarat kelulusan akademis, contoh S1 membuat skripi, S2 tesis, dan S3 disertasi. Ini membuktikan bahwa karangan ilmiah sangat diperlukan bagi banyak orang dan menuntut mereka untuk mempelajarinya. Bukan saja untuk syarat kelulusan akademis tapi karangan ilmiah juga diperlukan sebagai salah satu alat laporan penelitian.

Skripsi

Suatu karya tulis singkat yang didasari oleh penelitian berupa bahan-bahan bacaan atu observasi lapangan. Pembuatan karya tulis ini biasanya merupakan salah satu persyaratan wajib guna menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tertentu, biasanya program D3 atau S1.

Tesis

Karya tulis ini hamper sama dengan skripsi, tetapi leih meendalam dan merupakan laporan suatu penelitian yang dilakukan dengan seksama serta menurut metedologi penelitian. Tesis biasanya merupakan karya tulis akhir program S2 / Magister.

Disertasi

Istilah karya ilmiah yang digunakan untuk mendapat gelar teringging di sebuah universitas, yaitu program S3 atau Doktor. Biasanya ada ketentuan-ketentuan khusus dari universitas yang bersangkutan, tentang persyaratan yang berhubungan dengan prosedur ilmiah dan bentuk disertasinya.

Perbedaan Skipsi, Tesis, dan Disertasi

NO

ASPEK SKRIPSI TESIS DISERTASI
1 JENJANG SI S2 S3
2 Permasalahan Dapat diangkat dari pengalaman empirik, tidak mendalam Diangkat dari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat  mendalam Diangkat dari kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
3 Kemandirian penulis 60% peran penulis, 40% pembimbing 80% peran penulis, 20% pembimbing 90% peran penulis, 10% pembimbing
4 Bobot Ilmiah Rendah – sedang Sedang – tinggi.  Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang ada Tinggi, Tertinggi dibidang akademik.   Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
5 Pemaparan Dominan deskriptif Deskriptif dan Analitis Dominan analitis
6 Model Analisis Rendah – sedang Sedang – tinggi Tinggi
7 Jumlah rumusan masalah Sekitar 1-2 Minimal 3 Lebih dari 3
8 Metode / Uji statistik Biasanya  memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dll Biasanya memakai uji Kualitatif  lanjut  /  regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,  ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEM Sama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
9 Jenjang Pembimbing / Penguji Minimal Magister Minimal Doktor dan Magister yang berpengalaman Minimal Profesor dan Doktor  yang berpengalaman
10 Orisinalitas penelitian Bisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbeda Mengutamakan orisinalitas Harus orisinil
11 Penemuan hal-hal yang baru Tidak harus Diutamakan Diharuskan
12 Publikasi hasil penelitian Kampus Internal dan disarankan nasional Minimal Nasional Nasional dan Internasional
13 Jumlah rujukan / daftar pustaka Minimal 20 Minimal 40 Minimal 60
14 Metode / Program statistik yang biasa digunakan Kualitatif / Manual, Excel, SPSS dll Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll Kualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll

Karangan Ilmiah Populer

Karangan ilmiah popular atau semi ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menrut metodelogi penulisan yang benar.

Ciri-ciri karangan ilmiah popular :

    1. Ditulis berdasarkan fakta pribadi
    2. Fakta yang disimpulkan subjektif
    3. Gaya Bahasa formal dan popular
    4. Mementingkan diri penulis
    5. Melebih-lebihkan sesuatu
    6. Usulan-usulan bersifat argumentative
    7. Bersifat persuatif

Contoh karangan ilmiah popular diantaranya adalah : artikel, editorial, opini, tips, reportase, feature, dan resensi buku.

Jurnal

Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah adalah majalah publikasi yang memuat karya tulis ilmiah yang secara nyta mengandung data dan informasi yang mengajukan iptek dan ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala.

Jurnal ilmiah wajib memenuhi persyaratan administrative sebagai berikut :

    1. Memiliki international standard serial number (ISSN)
    2. Memiliki mitra bestari paling sedikit 4 orang
    3. Diterbitkan secara teratur dengan frekuensi paling sedikit dua kali dalam setahun, kecuali majalah ilmiah dengan cakupan keilmuan spesialisasi dengan frekuensi satu kali dalam satu tahun.
    4. Bertiras tiap kali penerbitan paling sedikit berjumlah 300 eksemplar, kecuali majalah ilmiah yang menerbitkan system jurnal elektronik (e-journal) dan majalah ilmiah yang menerapkan system daring (online).
    5. Memuat artikel utama tiap kali penerbitan berjumlah paling sedikit 5, selain dapat ditambahkan dengan artikel komunikasi pendek yang dibatasi paling banyak 3 buah.

Jurnal Akuntansi

Jurnal akuntansi adalah jurnal yang berhubungan dengan pembukuan keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Tujuan dari jurnal akuntansi adalahagar perusahaan atau organisasi dapat mendokumentaasikan data-data secara sistematis, sehingga dari jurnal tersebut dapat mengetahui atau mengukur apakah mengalami kemajuan atau kemunduran per tahunnya/ per periode yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan dengan maksud agar dapat melakukan audit yang secara tidak langsung dapat mengetahui kinerja masing-masing bidang / devisi.

Jurnal Khusus

Jurnal khusus adalah jurnal yang dibuat sesuai dengan jenis pekerjaan atau bidangnya. Contoh dalam perusahaan, bidang keuangan melakukan pendataan disetiap pengeluaran dipisahkan dengan data-data pemasukan.

Manfaat Jurnal Ilmiah

Beberapa fungsi dan manfaat jurnal, baik yang berbentuk skripsi, tesis, desertasi atau penelitian ilmiah lainnya yang kemudian dibukukan atau dipublikasikan akan membawa manfaat dan keuntungan bagi penelinya maupun pembacanya.

Berikut manfaat jurnal penelitian bagi peneliti :

    1. Media publikasi peneliti atas hasil penelitiannya
    2. Syarat sah dari penelitian adalah dengan melaporkan penelitian
    3. Apa yang ditelitinya, dapat dibaca oleh banyak orang dan bisa dimanfaatkan. Baik secara intelektual maupun diaplikasikan.
    4. Menjadi salah satu bentuk pertanggungjawaban dari apa yang sudah ia teliti atau disimpulkan

Manfaat jurnal bagi pemaca :

    1. Jurnal penelitian dapat menjadi pemicu atau stimulus untuk dikembangkan kembali menjadi penelitian yang berkelanjutan.
    2. Membantu pencarian data-data dan konsep penulisan dalam membuat penelitian ilmiah.
    3. Mendapatkan pengetahuan dari isi jurnal
    4. Menghilangkan paradigma atau pandangan bahwa hal-hal yang berbau akademis atau formil tidak dekat dengan masyarakat khususnya mengenai teori-teori ataupun penelitian-penelitian.

Latihan Soal :

  1. Jenis karangan ilmiah skripsi digunakan untuk syarat kelulusan akademis …
    1. SMA
    2. S1
    3. S2
    4. S3

Jawab : b ( S1)

  1. Tesis adalah karangan ilmiah yang dibuat oleh orang yang bergelar …
    1. D3
    2. S1
    3. S2
    4. S3

Jawab : c ( S2)

  1. Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menrut metodelogi penulisan yang benar, adalah pengertian dari …
    1. Karangan ilmiah popular
    2. Karangan non ilmiah
    3. Fiksi
    4. Karangan deskriptif

Jawab : a ( karangan ilmiah popular )

  1. Jurnal yang menyajikan pembukuan keuangan adalah jurnal …
    1. Jurnal umum
    2. Jurnal khusus
    3. Jurnal akuntansi
    4. Jurnal ilmiah

Jawab : c ( jurnal akuntansi )

  1. Jurnal yang dibuat sesuai dengan bidang atau pekerjaannya disebut ….
    1. Jurnal umum
    2. Jurnal khusus
    3. Jurnal akuntansi
    4. Jurnal ilmiah

Jawab : b ( jurnal khusus )

SUMBER :

http://aminawm.wordpress.com/pengertian-jurnal-ilmiah/

http://books.google.co.id/books?id=BTAZQGVadDYC&pg=PR6&dq=tata+cara+penulisan+ilmiah&hl=en&sa=X&ei=VbRbU9TkHoSsrAfZ54C4Bw&redir_esc=y#v=onepage&q=tata%20cara%20penulisan%20ilmiah&f=false

http://www.anneahira.com/jurnal-penelitian.htm

http://www.share-pdf.com/c342f4a18e7d49ec865b5bba5ad77606/Pertemuan%202.htm

http://yogarananda.wordpress.com/2012/11/23/perbedaan-skripsitesis-dan-disertasi/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2014
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

RSS BERITA GUNADARMA

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.
%d blogger menyukai ini: