coecoesm

Proses Manajemen Pemasaran

Posted on: Oktober 27, 2011

A.    PENGAMBILAN KEPUTUSAN  DALAM PEMASARAN

Keputusan yang diambil terutama menyangkut masalah penetapan harga, produk, distribusi, dan promosi.

Faktor ekstem yang mempengaruhi pengambilan keputusan :

  • Demografi
  • Kondisi
  • Perekonomian
  • Kebudayaan
  • Persaingan
  • Dsb.

Manajer pemasaran sering menghadapi kurangnya informasi untuk pengambilan keputusan, sehingga harus menetapkan proses penyelesaian masalah yang sistematis.

Keputusan rasional menghendaki adanya proses keputusan yang selaras dan logis. Metode traditional dapat membantu sebagai pendekatannya, yang terdiri dari :

  1. Mengindentifikasikan masalah
  2. Merumuskan berbagai alternative
  3. Menganalisa alternative
  4. Mengusulkan suatu penyelesaian dan menyarankan suatu rencana tindakan

 

B.    PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG EFEKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MARKETING MIX

Pengambilan keputusan di bidang pemasaran hampir selalu berkaitan dengan variable-variabel marketing mix. Yang utama dari marketing mix adalah pasar, kebutuhan pasar yang dipakai sebagai dasar untuk menentukan macam produk, alternative harga, promosii dan distribusi. Perusahaan harus mengalokasikan kegiatan pemasaran pada masing-masing variable marketing mix. Karena pasar merupakan pusat perhatian untuk semua keputusan yang menyangkut marketing mix.

 

C.     MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk mengambil keputusan secara efektiftentang produk. Faktor-faktor tersebut merupakan bagian atau elemen yang ada dalam sebuah model untuk mengambil keputusan tentang produk, yaitu :

  1. Analisis pasar, memberikan kemungkinan pada manajer untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan para pembeli.
  2. Memonitor lingkunagan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yang ada dengan sumber-sumber yang terbatas dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan ekstern.
  3. Menentukan tujuan produk, penentuan produk dikaitkan dengan masalah pengembangan investasi, laba dan market share atau volume penjualan.
  4. Menentukan marketing mix, manajemen dihadapkan pada 3 masalah yang harus dipertimbangkan, yaitu :
  • Variable-variabel marketing mix manakah yang harus dikembangkan untuk setiap produk yang ditawarkan?
  • Dari variable marketing mix yang dipilih jenis variable manakah yang tetap untuk diambil?
  • Pertimbangan yang ketiga adalah mengembangkan usaha pemasarankeseluruhan untuk produk tersebut?

Penerapan keputusan-keputusan marketing mix, keputusan ini dapat dilaksanakann dengan menentukan :

  • Tugas apa yang harus dilaksanakan?
  • Siapakah yang melaksanakan tugas tersebut?
  • Mengapa tugas tersebut dilaksanakan?
  • Bagaimana tugas tersebut dilaksanakan?
  • Kapan tugas tersebut dilaksanakan?
  • Dimana tugas tersebut dilaksanakan?

Mengadakan prosedur pengawasan. Ada lima tahap system pengawasan, yaitu :

  • Memilih criteria pengawasan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan produk tertentu.
  • Pengukuran criteria, harus dapat diukur dalam berbagai macam situasi secara rasional.
  • Penentuan standard kerja dan jangka waktu pencapaiannya.
  • Memonitor kejadian, apakah standard yang ditentukan dapat dicapai.
  • Membandingkan hasil dengan standard, kalu hasil yang telah dicapai memenuhi standarnya, berarti baik.

 

D.     TUGAS-TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

Tugas manajer pemasaran dimulai jauh sebelum produk dihasilkan dan tidak akan berhenti samapi produk terjual. Tugas-tugasnya adalah :

  • Mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Mengembangkan konsep produk
  • Menguji berlakunya konsep produk
  • Membuat design produk
  • Mengembangkan pembukusan dan merk
  • Menetapkan harga
  • Mengatur distribusi
  • Menciptakan komunikasi pemasaran yang efektif
  • Memeriksa penjualan
  • Memerhatikan kepuasan consumen
  • Memperbaiki dan mengembangkan rencana pemasaran,dsb.

Tugas-tugas manajer pemasaran itu dapat dibuat sistematikanya dengan bentuk sederhana yang disebut proses pemasaran strategis.

Dengan tahapan-tahapannya, yaitu :

  1. Analisa kesempatan pasar
  2. Perencanaan :
  • Tujuan perusahaan
  • Strategi pemasaran
  • Rencana pemasaran

Pengawasan :

  • Kegiatan pelaksanaan pemasaran
  • Pengukuran criteria

Selain tugas-tugas tersebut, manajer pemasaran juga harus mengadakan penyesuaian terhadap permintaan pasarnya.

E.     ANALISA KESEMPATAN PASAR

Kesempatan pasar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Kesempatan lingkungan
  2. Kesempatan perusahaan

 

F.     PERENCANAAN PEMASARAN

Tiga konsep perencanaan, yaitu :

  • Perencanaan perusahaan secara keseluruhan
  • Perencanaan pemasaran
  • Perencanaan pemasaran tahunan

 

G.    PROSES PERENCANAAN

Tahap-tahap pada proses perencanaan, yaitu :

  1. Menganalisa situasi
  2. Menentukan tujuan
  3. Memilih strategi dan taktik
  4. Menilai hasil operasinya

Ada beberapa pertimbangan untuk menetapkan tujuan perusahaan, yaitu :

  • Adanya pertentangan antara kesempatan lingkungan dengan kesempatan perusahaan
  • Adanya kemungkinan terbatasnya sumber-sumber yang dimiliki oleh perusahaan untuk memenuhi semua kesempatan, setiap kesempatan tidak selalu memilik daya tarik yang sama.

Tujuan perusahaan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

  1. Tujuan umum
  2. Tujuan khusus

Adapun kegunaan dari tujuan khusus, yaitu :

  • Untuk menentukan peranan suatu individu dalam organisasi
  • Untuk mempertahankan adanya keseimbangan dalam pengambilan kepusan dari beberapa manajer
  • Untuk dipakai sebagai dasar dalam perencanaan khusus
  • Untuk mendorong pelaksanaan kegiatan
  • Untuk dijadikan dasar mengambil tindakan pengawasan dan koreksi

Strategi pemasaran ada tiga tahap, yaitu :

  • Memilih konsumen yang dituju
  • Mengidentifikasikan keinginan konsumen
  • Menentukan marketing mix

Masalah pokok dalam pengembangan perencanaan pemasaran, yaitu :

  • Target penjualan
  • Anggaran pemasaran
  • Alokasi marketing mix
  • Penetapan harga
  • Alokasi pemasaran pada produk

 

H.    STRATEGI PEMASARAN

Perbedaan antara strategi, taktik, dan tujuan adalah :

  • Tujuan perusahaan adalah memberikan kepuasan kepada pembeli dan masyarakat dalam bentuk pertukaran untuk mendapatkan sejumlah keuntungan.
  • Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Taktik adalah taha-tahap atau langkah-langkah tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi.

http://cai.elearning.gunadarma.ac.id

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: